UNS MEMBERIKAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MASYARAKAT RANDUSARI

Surakarta, 1 November 2021

Universitas Sebelas Maret melalui Grup Riset Ekologi menyelenggarakan focus group discussion (FGD) secara hybrid (luring dan daring) bagi masyarakat RW 30 M

ojosongo pada Minggu 31 Oktober 2021. Pelaksanaan FGD tersebut merupakan bagian kegiatan pengabdian masyarakat untuk peningkatan pengelolaan lingkungan setempat. Pelaksanaan FGD disambut antusias oleh masyarakat setempat terutama komunitas milenial.

Pada FGD disampaikan materi pengelolaan sampah berbasis partisipatif dan ekonomi sirkular oleh Prof Dr Sunarto, M.S dan Widhi Himawan, S.Si., M.Si. Konsep ekonomi sirkular ditekankan melalui pelatihan pengelolaan sampah menjadi produk pupuk organik yang akan dipasarkan dengan sistem digital. Melalui pendekatan partisipatif berbasis ekonomi sirkular diharapkan masyarakat dapat memetik keuntungan ekonomi dari pengelolaan sampah domestik.

Program pengabdian masyarakat Grup Riset Ekologi sebelumnya telah menginstalasi teknologi tepat guna bagi masyarakat Randusari RW 30 Mojosongo, Jebres. Teknologi tersebut berwujud instrumen rakitan untuk pemanenan air hujan (PAH) yang tersambung dengan taman dan instalasi komposter sampah. Prof Dr Sunarto, M.S selaku Ketua Grup Riset Ekologi menyampaikan bahwa pemberian teknologi tersebut diharapkan mampu berkontribusi pada nilai tambah lingkungan yang dapat dinikmati masyarakat Randusari.

Ketua RW30 Randusari Heri Karianto menyampaikan harapan untuk keberlanjutan kegiatan di masa depan. Disampaikan pula bahwa tantangan yang dihadapi terkait pengelolaan sampah saat ini adalah pemasaran produk. Harapannya kehadiran akademisi akan membantu memecahkan masalah pemasaran produk olahan. Masih terkait dengan kegiatan pengabdian tersebut, secara simbolis Tim Grup Riset Ekologi UNS juga menyerahkan bantuan berupa tong sampah dan tas belanja ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan plastik.

 

Artikel yang Direkomendasikan

Follow Me!