Prodi Ilmu Lingkungan Melakukan Pelatihan Kepenulisan

Hola Environmentalist !

Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa dan menciptakan mahasiswa yang bebas Plagiarisme, Prodi S-1 Ilmu Lingkungan kembali menggelar pelatihan kepenulisan dengan Tema “WORKSHOP TURNITIN 2021”. Kegiatan Workshop tersebut mengusung topik “Menuju Ilmu Lingkungan Tanpa Plagiarisme” yang sekaligus menjadi tujuan diadakanya acara ini. Workshop pengembangan diri ini diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan (HIMAPSILI UNS) bagian Sub Divisi Minat dan Bakat Akademik (Kabinet Gelora Makna) bersama dengan jajaran Dosen Ilmu Lingkungan. Kegiatan workshop turnitin tersebut diadakan pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 dalam bentuk seminar online atau daring yang dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan dari berbagai angkatan serta mahasiswa dari program studi lain yang turut menghadiri workshop tersebut. Pembicara yang mengisi workshop tersebut ialah Bpk. Hasfi Hawali A.M., S.T., M. Ling. selaku Dosen S-1 Ilmu Lingkungan yang telah berpengalaman dalam hal publikasi dan telah berulang kali mempresentasikan paper baik pada taraf nasional hingga internasional. Tak terlewat, jalanya workshop dapat berjalan dengan lancar dikarenakan dipandu dengan baik oleh Moderator dan Main Ceremony dari mahasiswa S-1 Ilmu Lingkungan yang tidak kalah keren, yaitu rekan Dinda Putri dan rekan Timothy Jeffry.

Materi yang dipaparkan oleh Pembicara berisi mengenai seluk beluk dalam plagiarisme dan praktik dalam menggunakan turnitin. Bahkan dalam workshop ini, seluruh mahasiswa Ilmu Lingkungan diberikan akses sebagai user “Student” pada turnitin sebagai alat peninjau plagiarisme dalam karya kepenulisan mahasiswa. Diharapkan dengan diberikannya akses tersebut dapat meningkatkan aktivitas publikasi oleh mahasiswa Ilmu Lingkungan tanpa terbebani keresahan plagiasi dan revisi tentunya. Adapun sub materi yang dipaparkan pembicara antara lain :

  1. Manfaat menulis artikel ilmiah
  2. Pengertian plagiarisme
  3. Macam tindakan plagiarisme
  4. Tips Menghindari Plagiarisme
  5. Aplikasi Turnitan
  6. Turorial mendaftar sebagai User Turnitin dan menggunakan turnitin secara langsung.

Berikut merupakan ringkasan yang mimin tulis berdasarkan pemaparan Pembicara :

  1. Apa itu Plagiat?

Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak snegaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai (Dikti, 2012) – Dikutip pada Presentasi Workshop Turnitin 2021.

  1. Macam Tindakan Plagiarisme
  • Plagiarisme Total : Menjiplak sepenuhnya dan mengakui hasil sebagai karya pribadi.
  • Plagiarisme Parsial : Hasil harya sebagian diperoleh/diambil dari hasil menjiplak karya orang lain tanpa menulis sumbernya.
  • Auto-Plagiasi : Menjiplak atau mengutip karya pribadi/sendiri yang sebelumnya telah dipublikasi pada karya yang sedang dibuat tanpa menulis sumber karya tersebut (meskipun karya tersebut ditulis pribadi).
  • Plagiarisme Antarbahasa : Menjiplak atau mengutip dengan cara menerjemahkan karya tulis berbahasa asing ke dalam Bahasa Indonesia tanpa menulis sumbernya.

Tips menghindari plagiarisme

  • Mengutip : Menulis ulang tulisan baik secara ringkas maupun sama persis namun dengan mencantumkan sumber yang disitasi.
  • Memparafrasa : Membahasakan kembali karya tulis orang lain dengan susunan yang berbeda tanpa mengubah maknanya.
  • Meringkas : Menulis ulang poin penting karya orang lain secara ringkas.

Aplikasi Turnitin

Turnitin merupakan suatu aplikasi berbasis Web, yang digunakan untuk mengecek seberapa tingkat kesamaan teks, yang dibandingkan dengan teks yang ada di repository turnitin itu sendiri, serta teks yang sudah dipublish di internet secara umum. Aplikasi turnitin dapat diakses pada https://www.turnitin.com/

Setelah mengikuti workshop tersebut, ilmu yang dapat peserta dapatkan sangatlah bermanfaat, khususnya untuk mahasiswa yang bergerilya dalam mengikuti event-event maupun lomba kepenulisan. Terlebih tips yang diberikan untuk menghindari plagiasi serta pemberian akses turnitin pada seluruh mahasiswa merupakan hal yang paling menguntungkan bagi seluruh mahasiswa Ilmu Lingkungan. Selain itu, diberikan juga tips tambahan dalam menyempurnakan artikel kepenulisan dengan menggunakan software Mendeley yang merupakan perangkat lunak untuk mengintegrasikan “citation & reference manager”, sehingga karya tulis yang diciptakan oleh mahasiswa dapat bernilai lebih baik daripada sebelumnya.

Pada sesi tanya jawab, mahasiswa sangat antusias dengan beragam pertanyaan seputar penggunaan Turnitin serta pertanyaan seputar publikasi. Beragam pertanyaan tersebut dijawab dengan baik oleh ialah Bpk. Hasfi Hawali A.M., S.T., M. Ling yang setiap jawabnya selalu dibubuhi tips dan triks dalam penyelesaianya. Menurut mimin sebagai peserta Workshop, kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat dan wajib untuk seluruh mahasiswa ikuti. Karena isi dari workshop seperti ini jarang disampaikan kepada mahasiswa pada umumnya, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa tua. Sehingga saat dihadapkan dengan menulis karya ilmiah, baik menulis artikel jurnal maupun tugas akhir mereka akan cenderung kebingungan dan kesulitan dalam melakukan revisi.

Nantikan terus kegiatan pengembangan diri yang diadakan oleh prodi Ilmu Lingkungan, karena setiap seminar yang diadakan selalu memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi masyarakat umum, khususnya bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat 🙂

 

Akbar Maulana

 

Artikel yang Direkomendasikan

Follow Me!