Program Studi S1 Ilmu Lingkungan melalui sejarah perjalanan panjang hingga mencapai peresmian dan operasional. Pendirian program studi ini menjadi cita-cita lama dari pelopor dan pengajar keilmuan lingkungan di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Salah satu alasan nilai strategis pendirian prodi ini adalah urgensi pengelolaan masalah lingkungan hidup Indonesia yang semakin meningkat akibat dampak aktivitas antropogenik.

Program Studi Ilmu Lingkungan didirikan untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi kualifikasi level 6 (sarjana) dalam pengelolaan harmoni komponen lingkungan, penilaian dan pemanfaatan jasa lingkungan, keilmuan untuk mencegah, mengelola dan memperbaiki dampak kerusakan lingkungan demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera

Sebagai negara berkembang, Indonesia mengalami tekanan lingkungan akibat kepentingan antropogenik. Pada sisi berbeda, Indonesia dikenal dengan sumber daya alam dan jasa lingkungan yang potensial bagi pengelolaan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. PS Ilmu Lingkungan diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan secara utuh dan menyeluruh yang berbasis pada IPTEKS demi mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan. Secara khusus, PS Ilmu Lingkungan mengembangkan keilmuannya pada pengelolaan ekosistem air tawar, rekayasa lingkungan serta inovasi sains dan teknologi berbasis sumber daya alam berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Pendirian rogram studi ini merupakan hal yang menjadi prioritas bagi Universitas Sebelas Maret (UNS). UNS sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang sangat baik, aktif menyumbangkan lulusan yang memiliki kualifikasi yang unggul dan berkomitmen memajukan bangsa dan negara. Lulusan yang berkualitas diharapankan akan meningkatkan sumbangsih bagi kesejahteraan bangsa dan negara.

Cita-cita mendirikan Program Studi S1 Ilmu Lingkungan tersebut akhirnya terwujud setelah Kementerian Ristekdikti memberikan izin melalui Keputusan Menteri Ristekdikti Nomor 556/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Sarjana pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Saat ini prodi ini telah beroperasi pada angkatan pertama dengan jumlah 39 mahasiswa. Kampus perkuliaham Prodi S1 Ilmu Lingkungan berlokasi di Kampus II Mesen Jl. Urip Sumoharjo No 110, Purwodiningratan, Jebres, Surakarta.

Follow Me!