Ilmu Lingkungan Gelar kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah

Halo sobat Environmentalist !

Terus meningkatkan kualitas diri demi terciptanya sumber daya yang lebih baik merupakan salah satu tujuan dari pengembangan diri. Dalam usaha mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi S-1 Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret kembali melaksanakan kegiatan pengembangan diri khususnya dalam hal kepenulisan. Kegiatan pengembangan diri ini diinisiasi oleh jajaran Dosen Ilmu Lingkungan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan, pemahaman, serta kualitas dalam menyajikan sebuah karya tulis ilmiah pada lingkungan prodi, khususnya bagi mahasiswa Ilmu Lingkungan. Kegiatan pengembangan diri ini disajikan dalam bentuk seminar online atau yang biasa kita sebut dengan ‘Webinar’ pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 dengan topik “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah”. Narasumber yang dihadirkan pada seminar  tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. selaku Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro serta Dr. Prabang Setyono, S.Si., M.Si selaku Kepala Program Studi S-1 Ilmu Lingkungan sebagai moderator pada jalannya diskusi dan pemaparan pada seminar tersebut. Tak terlewat Master of Ceremony pada kegiatan seminar tersebut, yaitu Ibu Lia Kusumaningrum S.Hut., M.Sc. selaku staff pengajar yang istimewa pada Prodi S-1 Ilmu Lingkungan. Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut sangatlah tinggi, dibuktikan dengan peserta webinar yang berasal dari berbagai kalangan dan jurusan, baik dari rumpun S-1 hingga S-2.

Materi yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Budiyono berisi mengenai seluk beluk dalam kepenulisan artikel ilmiah, bahkan hal yang mendasar tak luput dari pemaparan beliau. Materi yang paparkan saat seminar antara lain :

  1. Motivasi Menulis
  2. Paradigma Menulis
  3. Penulisan artikel ilmiah yang baik dan berkualitas
  4. Pemaparan struktur ilmiah
  5. Pemaparan mengenai dasar Manajemen Jurnal Ilmiah hingga penerbitan Jurnal Ilmiah
  6. Tips dan Trik dalam kepenulisan dan publikasi.

Ilmu yang dapat dipetik setelah mengikuti seminar tersebut sangatlah banyak, khususnya dalam kepenulisan dan publikasi artikel ilmiah. Para peserta sendiri menjadi mengetahui dan tertarik pada penggunaan software Mendeley yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Budiyono dalam mempermudah dan penyempurnaan sebuah karya tulis ilmiah. Mendeley sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang diciptakan dalam upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Kegunaan software ini secara sederhananya digunakan sebagai alat untuk menghindari plagiasi pada sitasi dan daftar pustakan saat menulis karya tulis ilmiah.

Dengan penambahan wawasan mengenai Mendeley, pengetahuan yang dapat kita terapkan pada saat kepenulisan menjadi semakin efektif dan kompleks. Tak luput dari itu, sesi tanya-jawab yang pandu oleh Dr. Prabang Setyono, S.Si., M.Si, yang merupakan sesi yang dinanti-nantikan pada jalanya seminar. Pada sesi tanya jawab, peserta webinar menanyakan beranekaragam pertanyaan, dari topik publikasi pada SINTA, publikasi litelatur review, software kepenulisan, hingga topik mengenai penerbit predator. Beragam jawaban tersebut dijawab dengan baik dan selalu dibubuhi tips dan triks dalam penyelesaianya. Sehingga peserta seminar menjadi semakin berwawasan dan tertarik untuk menciptakan karya tulis ilmiah.

Nantikan terus kegiatan pengembangan diri yang diadakan oleh prodi Ilmu Lingkungan, karena setiap seminar yang diadakan selalu memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi masyarakat umum, khususnya bagi mahasiswa. Semoga bermanfaat 🙂

 

Akbar Maulana

Artikel yang Direkomendasikan

Follow Me!