• Telp: (0271) 669376
  • s1ilmulingkungan@mipa.uns.ac.id

Launching Website S1 Ilmu Lingkungan

Launching Website S1 Ilmu Lingkungan

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju. Internet merupakan teknologi yang perkembangannya paling pesat saat ini. Masyarakat dari berbagai kota besar dan kota kecil mudah sekali mengakses internet. Bahkan dengan akses internet yang disediakan oleh penyedia jasa telepon/telekomunikasi, masyarakat di daerah yang termasuk dalam katagori Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar pun kini mayoritas telah bisa mengakses baik lewat komputer, handphone maupun tablet device yang sekarang berkembang pesat.

Lalu berapa jumlah pengguna internet di Indonesia? Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban. Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan.

Bisa dipastikan hampir semua orang yang menggunakan smartphone telah menggunakan internet, dengan demikian internet merupakan media yang bisa diakses semua orang. Tak terkecuali dunia akademis seperti lembaga pendidikan dan perguruan tinggi, di tengah melajunya teknologi informasi yang semakin pesat, maka menjadi sebuah keharusan untuk memanfaatkan serta mengembangkannya demi kepentingan akademis.

Dengan adanya koneksitas internet di kampus dan terbentuknya website program studi, maka beberapa keuntungan yang dapat diperoleh diantaranya adalah :

  • Sebagai media promosi program studi, baik sarana maupun aktivitas pembelajarannya.
  • Sebagai media komunikasi elektronik baik antar instansi, instansi dan lembaga swasta lainnya. Dalam hal ini website sebagai media interaktif berupa sumbang saran, kesan dan pesan, surat elektronik ataupun media silaturahmi antara para pendidik, mahasiswa, alumni, dan masyarakat sekitar.
  • Mempercepat penyampaian informasi akademik dan publik.
  • Sebagai media pembelajaran alternatif keberadaan website sekolah memungkinkan untuk terjadinya proses e-learning atau pembelajaran melalui internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif, dimana informasi-informasi (materi pembelajaran) juga bisa realtime. Begitu pula dengan komunikasinya, meskipun tidak secara langsung tatap muka, tapi forum diskusi bisa dilakukan secara online dan real time.

Website Program Studi S1 Ilmu Lingkungan FMIPA UNS dengan alamat il.mipa.uns.ac.id sudah dapat diakses sejak tanggal 03 April 2018. Kami sadar tidak ada sebuah sistem yang sempurna, maka dari itu masukan dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi terwujudnya website Program Studi S1 Ilmu Lingkungan FMIPA UNS yang lebih baik di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

ilmipa

Leave your message